Tuesday, December 29, 2015

perjalanan ferry Dumai ke Melaka

Menutup liburan akhir tahun 2015 kali ini saya memilih Kuala Lumpur sebagai tujuan wisata keluarga. Bukan mau sok-sokan liburan ke luar negeri lho tetapi semata-mata karena liburan ke Kuala Lumpur jauh lebih ekonomis dibanding pilihan wisata di tempat lainnya. Kok bisa?? ya bisa lah karena tempat tinggal saya memang dekat sekali dengan negeri jiran ini. Waktu itu suami mengusulkan liburan ke Jogja saja sekalian nengok ibu yang memang tinggal di Jogja, tetapi setelah dihitung-hitung ternyata biaya ke Jogja sudah diluar budget kami dan akhirmya diputuskan akhir tahun ini kami sekeluarga akan melancong ke Kuala Lumpur. 
Kebetulan saya tinggal di Duri Mandau provinsi Riau, untuk pergi ke Kuala Lumpur kami bisa saja naik pesawat dari bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru tetapi pastinya ongkosnya akan lebih mahal apalagi di hari natal ini pasti harga tiket pesawat melonjak naik. Jadi kami putuskan menggunakan moda transportasi yang tentunya lebih hemat yaitu dengan naik kapal ferry dari Dumai menuju Melaka dan berlanjut ke Kuala Lumpur dengan bus. Dari Duri ke Dumai hanya berjarak 70km saja bisa ditempuh dengan menggunakan mobil pribadi selama 1,5jam kemudian lanjut ke pelabuhan ferry yang terletak tidak jauh dari kantor imigrasi Dumai.
Perjalanan kami dimulai dari Duri pukul 05.00 wib dengan mobil pribadi dan tiba di Dumai pukul 06.30wib. Tujuan kami adalah Indomal express, tempat dimana saya membeli tiket ferry Dumai-Melaka. Kami berangkat pagi karena harus menukarkan tiket boarding dulu ke indomal express dan biar ada waktu santai untuk sarapan sebelum kami menyeberang ke Melaka. Sesampainya di Indomal ternyata lumayan juga yang mengantri, rupanya banyak juga yang akan melancong ke negeri Jiran seperti kami. Oh iya harga tiket ferry pulang pergi (PP) Dumai -Melaka untuk dewasa Rp.610.000 dan anak-anak Rp.310.000. Harga tiket ini sudah naik per 1 September 2015, karena sebelumnya kami ke Melaka bulan mei 2015 harga tiket dewasa Rp.550.000 dan anak-anak Rp 280.000. Hari ini kebetulan ada 2 ferry yang berangkat ke Melaka mungkin karena libur panjang ya, biasanya sih hanya 1 ferry saja. Ferry berangkat pukul 10.00wib(update desember 2016 berangkat pukul 9.30) dan 11.00wib, saya untungnya dapat yang jam 10.00wib.
Saat sampai di pelabuhan, pintu pelabuhan belum dibuka jadi kami dan banyak calon penumpang lainnya terpaksa menunggu diluar. Tak berapa lama kemudian pintu dibuka dan kami mengantri imigrasi di pelabuhan Dumai. Kira-kira 30 menit kemudian baru kami bisa masuk ke kapal ferry. Sebelum masuk ke ferry, 1 tas jinjing kami diharuskan untuk dimasukkan bagasi dengan alasan ferry penuh penumpang hari itu, kami diminta membayar Rp.2000 untuk membagasikan tas kami(update desember 2016 per tas jadi rp5000). Setelah masuk ferry, kami diarahkan untuk duduk sesuai dengan nomer kursi yang tertera di tiket kami, saat itu kami mendapat kursi di lantai 2. Pukul 10.15wib ferry berangkat menuju Melaka. Tak banyak yang bisa dilakukan di dalam ferry selain tidur dan nonton film yang diputar didalam ferry. Di lantai 2 ini cukup enak karena ombak di laut tidak begitu terasa jadi tidak bikin mabuk laut. Bila anda tidak sempat sarapan di Dumai jangan khawatir karena di dalam kapal akan dibagikan bihun goreng tanpa telur dan air mineral. Atau bila masih lapar bisa memesan popmie pada petugas kapal. 
Setelah 2,5jam dilanda kebosanan didalam kapal akhirnya ferry merapat di pelabuhan Melaka. Suasana yang jauh berbeda akan anda rasakan setelah turun dari ferry. Bangunan pelabuhan di Melaka ini sangat bagus, bersih dan rapi, sangat kontras dengan pelabuhan di Dumai. Begitu anda turun dari ferry, tas-tas yang tadi anda bagasikan akan dijajar rapi oleh petugas. Anda tinggal ambil saja tas anda tanpa dikenakan biaya sepeserpun. Kemudian anda masuk ke imigrasi di Melaka, ada 6 lajur untuk mengantri namun antrian untuk warga asing biasanya hanya 4 lajur saja sedangkan 2 lajur lainnya khusus untuk warga negara Malaysia. Antrian sangat tertib, bila lajur warga negara Malaysia kosong, kita akan diarahkan oleh petugas untuk boleh mengantri di lajur khusus warga malaysia tersebut. Saat lajur antrian baru dibuka, ada bapak-bapak warga Indonesia yang antriannya di belakang langsung berusaha menyerobot masuk di lajur baru tersebut. Dan yang dilakukan petugas imigrasi Malaysia sungguh keren, bapak-bapak yang menyerobot tadi dikembalikan ke antrian semula dan mempersilahkan orang yang antri paling depan untuk pindah lajur baru tersebut agar bisa segera dilayani. Hal ini juga berlaku untuk rombongan, anda tetap diperlakukan yang sama dengan penumpang lainnya, tetap mengantri sesuai urutan. Luar biasaaaaa!!!!! seandainya semua petugas imigrasi di Indonesia bermental seperti ini ya, ah hanya mimpi saja ini sih. 
Saat mengantri imigrasi jangan lupa siapkan paspor anda, nanti anda akan diminta menunjukkan paspor dan menempelkan kedua telunjuk jari tangan kanan dan kiri pada alat sensor mereka. Setelah kurang lebih 30 menit mengantri di imigrasi barang-barang kami harus melewati xray dulu sebelum bisa kami bawa keluar dari pelabuhan Melaka ini. Tak lupa kami juga menukarkan uang rupiah kami ke ringgit di kaunter tiket ferry di dalam pelabuhan sekalian lapor untuk perjalanan balik kami dari Melaka ke Dumai. Pelaporan tiket ini penting anda lakukan agar disaat anda kembali ke Dumai nantinya bisa mendapatkan kursi yang anda inginkan dan mendapat ferry dengan jam yang paling awal(bila ada beberapa ferry yang berangkat). Sebenarnya tiket ferry ini berlaku sampai 6 bulan sejak tanggal pembelian tiket. Jadi bila anda berangkat tanggal 24 Desember 2015, anda boleh kembali ke Dumai lagi selambat-lambatnya tanggal 24Juni 2016.

18 comments:

  1. Perkongsian yang menarik dan bermanfaat...

    ReplyDelete
  2. wah mahalnye harga tiket feri bila convert duit malaysia sekitar RM 200.00 jugak ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Relative memang, tapi dibandingkan pesawat menurut saya lebih murah feri kecuali bila ada promo tiket pesawat

      Delete
  3. Wah, membantu sekali infonya. Jadi kalopun beli tiket sekarang tapi nggak jadi berangkat masih bisa digunakan sampe batas waktu 6 bulan kemudian ya mbak. Asyik nih, boleh nginvest tiket. Lol. Salam kenal mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh sepertinya bahasa saya ambigu ya hahaha....ini maksudnya untuk tiket pulangnya mbak yang berlaku sampai 6bulan. Makasih sudah berkunjung ke blog saya, salam kenal juga ya mbak

      Delete
  4. Kalau bawa mobil dari dumai ke malaysia naik ferry apakah bisa?
    Kalau bisa berapa biaya nya?
    Info yang sangat menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum bisa mas, ferinya khusus untuk penumpang saja

      Delete
  5. Hi.. terima kasih atas info nya. Membantu banget. Btw numpang tanya yah... Kategori anak anak itu sampai umur berapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maap baru balas...wah iya saya kok gak notice soal batasan umur anak ya. Tp sptnya sampe 12 thn. Nanti coba saya pastiin lg

      Delete
  6. Mba, untuk harga dihari libur nasional tetap atau naik ??

    ReplyDelete
  7. Mau coba liburan ke negeri tetangga.terima kasih info nya

    ReplyDelete
  8. Bisa tau alamat lengkapnya pelabuhan dimalaka itu ya mbak???

    ReplyDelete
  9. Maaf, kl nyebrang bawa motor dr indonesia bisa gak..?
    Sekalian mau touring lintas negara..
    Atau motor hrs pake kargo tersendiri..

    Salam kenal..


    ReplyDelete
  10. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete